Trik Memotong Kertas Gambar berukuran Standar ISO

Sebenarnya Judul di atas mungkin ada yang menganggap penting, sedikit penting atau malah tidak penting dalam lingkup gambar teknik. Tapi itu tergantung anda yang menilainya.

Ide ini  sebenarnya dapat digunakan bagi para mahasiswa yang sedang mengambil  mata kuliah gambar teknik yang praktikumnya kadang mengharuskan penggunaan kertas gambar dalam berbagai macam ukuran yang sesuai dengan  standar ISO misal A0,A1,A2..Dst. Nah, biasanya tugas kecil yang diberikan oleh dosen paling banter menggunakan kertas A3, tetapi kadang kertas A0 lah yang paling nyaman dijual di toko gambar. So, sebenarnya inti tulisan ini ingin memberikan Ide untuk mengubah kertas A0 menjadi berbagai macam ukuran standar kertas ISO dengan tujuan meminimalkan pemborosan kertas yang terbuang alias pengiritan dana atau malah bisa dituangkan menjadi ide bisnis kecil2an he3 .

ok, demikian Ilustrasinya…

Penjelasan :

1. Beli kertas Gambar berukuran A0 ( 841 mm x 1189 mm ) dan untuk menghasilkan 2 buah kertas A1, bagi dua kertas A0 tadi dalam arah memanjang walaupun ukuran A1 yang dihasilkan yakni ( 594,5 mm x 841 mm) kelebihan 0,5 mm he3 ga pa2 kok, tidak akan terlalu kentara.

2. Demikian seterusnya seperti gambar ilustrasi di atas. Jadi intinya 1 kertas berukuran A0 akan menghasilkan 2 kertas A1, 4 kertas A2, 8 kertas A3.

Tapi sebenarnya Ilustrasi gambar di atas dapat juga membantu kita untuk menghafalkan ukuran kertas gambar berstandar ISO dengan mudah yakni dengan cara berpatokan pada salah satu ukuran kertas saja kemudian dengan rumus sederhana berikut :

                (L)            x         (P)

A4 = Lebar (A4) x Panjang(A4)

               (L)                x       (P)

A3= Panjang (A4) x ( 2 kali Lebar A4)

Dst…

misal : yang menjadi patokan saya yakni ukuran kertas A4 yakni 210mm x 297 mm. Maka dengan mudah saya dapat menghitung bahwa ukuran kertas A3 adalah 297 mm x 420 mm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: