Perbedaan Proyeksi Amerika dan Proyeksi Eropa

Di bawah ini ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antara proyeksi Amerika dan Eropa dalam gambar teknik. Perlu diketahui bahwa proyeksi Amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga/kwadran ketiga dan proyeksi Eropa disebut juga proyeksi Sudut pertama/kwadran pertama.

Dalam video berikut akan diterangkan secara gamblang, bagaimana cara membuat proyeksi amerika bagi anda yang mungkin masih bingung menggambar proyeksi gambar 3 dimensi ke gambar 2 dimensi ( karena dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskannya secara detil melainkan hanya menerangkan letak perbedaan penempatan gambar proyeksi pada gambar ):

Saya sengaja memberikan ilustrasi video dengan proyeksi amerika, karena proyeksi amerika adalah proyeksi yang paling masuk akal untuk dibayangkan. Nah! kalau kita telah mengetahui cara menyusun Gambar pada proyeksi amerika maka otomatis kitapun dapat menyusun gambar pada proyeksi Eropa dengan benar. Kenapa? karena ternyata peletakan posisi gambar pada proyeksi amerika hanya merupakan kebalikan dari proyeksi Eropa tanpa merubah isi gambar. Klo bingung lihat Ilustrasi gambar di bawah. Baca entri selengkapnya »

Gaudeamus Igitur ( Mari kita bersenang-senang )

Katanya lagu ini, biasanya dinyayikan  pas jadi Mahasiwa baru ( MABA) atau pas pada acara wisuda. Tapi kok, saya baru tahu ya lagu ini setelah hampir 7 tahun lebih lulus menjadi sarjana he3. Klo ingat masa awal jadi MABA dulu, yang dicekokin sih lagu WE ARE THE CHAMPION oleh Queen ( Kayaknya semua anak teknik lagu kebangsaannya gitu ya?).  Dulu waktu acara wisuda sempat dengar sih ada lagu bahasa latin yang dinyayiin oleh Paduan Suara Mahasiswa, tapi karena artinya ga tahu ya…cukup membosankan juga nunggu sampe abis tuh lagu.

Belakangan, saya tertarik  sama ni lagu… GAUDEAMUS IGITUR yang klo dibahasa indonesiain artinya Mari kita bersenang-senang, ternyata isinya penuh makna juga. Nah klo kalian para mahasiswa yang kebetulan dengar nih lagu, maka jangan bengong sama bahasanya. Nih, saya kasih artinya :

Sambil menghayati artinya sambil dengar melodi lagunya yang kebetulan bikinan original saya, dengan Gitar Nylon Yamaha C390  n di rekam pake software Audacity 1.3 Beta ( sory noisenya besar.. n dikit salah petik he3)

Download Lagu Gaudeamus Igitur melody.Mp3

Bait 1.

Mari kita bersenang-senang. Selagi masih muda.
Setelah masa muda yang penuh keceriaan. Setelah masa tua yang penuh kesukaran
Tanah akan menguasai kita Baca entri selengkapnya »

kalibrasi baterai Laptop Anda!!

Sudah banyak postingan yang membicarakan cara untuk merawat dan memperpanjangan umur baterai laptop, tapi seperti manusia..baterai Laptop itu Fana adanya.. artinya, sejago apapun anda merawatnya pasti ada waktunya harus mengganti baterai laptop tersebut karena semakin hari kemampuan baterai untuk menyimpan daya listrik akan semakin berkurang.

Nah, oleh karena itu pada postingan kali ini, saya akan menshare salah satu hal penting yang sering diabaikan oleh pengguna Laptop,yakni pentingnya Kalibrasi baterai laptop. Apapula itu kalibrasi baterai Bahhh!!! Masih banyak orang salah kaprah mengenai pengkalibrasian baterai laptop. Pikirnya kalibrasi baterai laptop adalah bagian dari usaha untuk memperpanjang umur baterai…tapi ternyata salah Beesaarrrr!!

Jadi kalibrasi baterai laptop itu sebenarnya berguna untuk mengetahui kondisi real kemampuan baterai kita untuk menyalakan laptop yang kita miliki dalam jangka waktu tertentu. Maksudnya?? begini loh… klo anda telah mengechas penuh baterai laptop anda..Nah, lihat  indikator baterai pada bagian taskbar layar monitor anda. Disana terbaca “100% remaining” ( 4 Hours remaining)..eh taunya baru sejam laptop udah K.O…Nah di sinilah gunanya kalibrasi. Memperlihatkan kemampuan sebenarnya baterai anda. jadi, tabahkan hati anda setelah anda mengkalibrasi baterai laptop anda dan terimalah kenyataan yang walupun pahit,Hik..hikk..hik.. terimalah dengan lapang dada. Baca entri selengkapnya »

Sofware untuk menyatukan Video Berformat FLV

Kali ini saya ingin membagikan software yang ringan, gampang digunakan dan sangat bermanfaat, khususnya bagi anda yang gemar mendownload video dari youtube atau video dari website ( khususnya dengan menggunakan Internet Download Manager ) yang keluaran video downloadnya berformat FLV.

Terkadang para pengupload video ke Youtube kadang membagi video uploadannya ke beberapa Part, ya, hal ini dikarenakan beberapa hal, misalnya: karena durasi video terlalu panjang atau masalah koneksi internet yang terbatas…

Nah, jika anda berniat atau telah mendownload file video berformat Flv ( dari youtube kebanyakan sih..) yang terdiri dari beberapa part ( saya pernah download sampe 20 part loh untuk satu judul video) dan ingin menggabungkan file-file tersebut menjadi satu file Flv saja, maka anda memerlukan suatu software untuk menyatukan beberapa file Video Flv ini menjadi satu…

Ternyata kalau searching di Mbah google sih emang banyak sih software untuk menggabungkan file Flv, tapi kemarin saya dapat software yang sangat ringan bahkan tidak perlu di install  ( istilahnya portable) ke dalam hardisk anda. Nama softwarenya Andy’s FLV Joiner0.6. Filenya dalam bentuk .rar yang ukurannya cuman 32 KB ( ha..ha..ha..pasti klo diperhatikan besarnya, kayak file Virus aja ya..), tapi jangan khawatir Bro..dijamin 100% bukan virus..aman kok…klo gak percaya ini tampilan file .rar nya klo da dibuka:

Baca entri selengkapnya »