Mengontrol pencahayaan pada kamera dengan shutter speed


gerakan yang membeku pada shutter speed tinggi

Apabila shutter speed dinaikkan ( menjadi lebih cepat) tingkat eksposur dari gambar akan semakin rendah, hasilnya gambar yang dihasilkan akan semakin gelap, demikian pula sebaliknya, jika shutter speed dipelambat tingkat eksposur akan naik sehingga gambar yang dihasilkan lebih terang.

Pengaturan shutter speed pada menu kamera anda ( 1/30,1/60,/1/125,/1/250 dan lain-lain) adalah  pembagian atas waktu per detik.

  • Meningkatkan shutter shutter speed membuat foto menjadi lebih terang, namaun hal demikian juga membuat objek yang bergerak akan terlihat blur, dan anda akan kehilangan beberapa detail gambar pada daerah yang terang. Pengaturan ini tidak cocok jika anda ingin mengambil gambar bergerak, namun hal ini bekerja dengan sangat b aik pada kondisi objek diam, pemandangan yang tenang di bawah kondisi cahaya yang rendah. Dan jangan lupakan menggunakan tripod.
  • Meningkatkan shutter speed membuat foto menjadi lebih gelap, namun pengaturan ini membantu memperoleh gambar yang bergerak tanpa adanya blur, namun anda juga dapat kehilangan beberapa detail pada derah yang gelap. Untuk objek yang bergerak di bawah kondisi cahaya yang terang, misalnya objek permainan sepakbola pantai pada sore hari,cobalah pengaturan ini

Shutter speed rendah, gambar cenderung blur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: