Tips Membersihkan Lensa Kamera

Sumber: www.AnneAhira.com

Membersihkan Lensa Kamera, merupakan hal yang mutlak harus dilakukan oleh setiap pemilik kamera. Khususnya bagi mereka yang menggeluti dunia fotografi atau bagi mereka yang memiliki kamera dengan kemampuan khusus. Salah satu jenisnya adalah kamera Digital Single Lens Reflect atau DLSR.

Kamera jenis ini membutuhkan penanganan yang khusus, berbeda dari kamera yang berjenis kamera saku atau kamera pocket. Mengapa harus diperlakukan khusus? Sebab membersihkan lensa kamera jenis DSLR ini membutuhkan kehati-hatian. Hal ini mengingat bagian-bagian yang akan dibersihkan memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi.

Sedikit kesalahan dalam tekhnik membersihkan lensa kamera, bisa berakibat pada terganggunya fungsi dari kamera tersebut. Mungkin akan terlihat rumit. Namun pada dasarnya, membersihkan lensa kamera jenis DSLR sangatlah mudah. Yang diperlukan hanyalah kesabaran dan ketelatenan.

Tentang perlengkapan yang dibutuhkan, cukup mudah untuk mendapatkan di toko-toko yang menjual perlengkapan kamera. Cara Membersihkan Lensa Kamera : Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan jika kita hendak membersihkan lensa kamera DSLR kita. Ini merupakan langkah paling sederhana, yang bisa kita jadikan rutinitas untuk membersihkan lensa kamera.

Sehingga kita bisa melakukannya sewaktu-waktu dan tak perlu harus datang ke pusat service hanya untuk sekedar membersihkan lensa kamera kita. Langkah-langkah tersebut meliputi :

  1. Siapkan cleaning lens kit. Perlengkapan ini bisa dibeli di toko kamera. Misal kalo di Semarang bisa diperoleh di Kodak kawasan pertokoan Bangkong. Cleanig lens kit itu sendiri meliputi : blower, tissue lens, cairan pembersih, kain pembersih, cleaning brush dan korek kuping.
  2. Bersihkan lensa terlebih dahulu dengan blower. Selanjutnya baru dibersihkan dengan menggunakan kuas.
  3. Sapulah lensa dengan searah memutar dan lembut. Jangan menyapu lensa dengan arah yang berganti-ganti dan kasar. Hal ini akan menyebabkan goresan pada lensa.
  4. Selanjutnya gunakan tissue. Hal ini terutama jika terdapat noda yang sedikit susah dihilangkan dan menempel pada lensa.
  5. Untuk bagian body lensa atau body kamera, cukup dibersihkan dengan menggunakan kain yang biasanya disertakan dengan kamera pada saat kita memberli kamera tersebut.
  6. Korek bagian kuping kameran. Hal ini perlu dilakukan pada kamera yang tidak pernah digunakan, karena akan menyebabkan kamera kotor.

2 Komentar

  1. 18 Juni 2013 pada 5:40 pm

    certainly like your web-site however you need to take a look at the spelling
    on quite a few of your posts. A number of them are
    rife with spelling problems and I to find it very bothersome to inform the truth
    nevertheless I will surely come again again.

  2. John said,

    28 September 2015 pada 5:24 am

    Makasih atas infonya , Aerith


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: