Tips Memperpanjang umur Baterai Laptop

Mobilitas yang semakin tinggi dalam pekerjaan membuat Laptop menjadi semakin popular dalam dunia pekerjaan. Tidak seperti computer PC, laptop dapat dibawa kemana-mana dengan sangat mudah. Namun kekurangan dari teknologi ini yakni baterai yang merupakan sumber listrik tersimpan untuk menghidupkan Laptop cepat atau lambat daya penyimpanannya akan semakin rendah.

Baterai Laptop bukanlah barang yang murah harganya, oleh karena itu kita senantiasa ingin mengoptimalkan umur pemakaian batere laptop yang kita miliki agar lebih lama dapat dipakai. Oleh karena itu, berikut hal-hal yang dapat anda lakukan  untuk memperpanjang umur baterai Laptop anda.

1. Gunakan Mode Hibernate

Kadang kita membuat Laptop kita dalam kondisi mode Stand by  atau mode sleep; namun dalam kasus seperti ini, computer menghentikan kerja hard disk  dan monitor display tetapi memory  memori akan tetap aktif dan membuat CPU menjadi menjadi melambat. Hal ini mengurangi umur baterai. Oleh karena itu mode hibernate harus diaplikasikan sehingga computer benar-benar mati saat kita tidak menggunakannya.

2. Katakan tidak pada Screensaver

Jangan menggunakan Screensaver

3. Defragmentasi

Melakukan defragmentasi secara teratur membuat data anda tersusun lebish sistematis yang membuat kinerja harddisk lebih sedikit dalam mengakses setiap data. Semakin cepat pergerakan Harddisk, semakin sedikit beban kerja dari baterai anda.

4. Lepaskan external Devices saat tidak dibutuhkan.

Eksternal device seperti USB merupakan peralatan yang menggunakan tenaga baterai yang terbanyak. Coba lepaskan eksternal device seperti mouse eksternal,WI-FI,Speaker Eksternal, Bluetooth, eksternal hardisk dll.

5. Kebersihan Laptop

Laptop yang kotor dan berdebu yang mana menghalangi sirkulasi pendinginan oleh udara akan mengurangi umur baterai. Oleh karena itu rajinlah membersihkan laptop anda dan hindari pemakaian laptop pada area yang berdebu.

6. Faktor Temperatur

Panas yang tinggi akan mengurangi umur laptop anda, oleh karena itu hindari sinar matahari langsung yang mengeai Laptop atau menyimpannya pada bagasi mobil yang panas.

7. Penyimpanan

Jika anda akan menyimpan laptop anda pada waktu yang cukup lama, lepaskan baterainya yang sebelumnya telah di charge sampai kodisi 40%. Kemudian simpan baterai pada tempat yang sejuk dan kering

8. Charger baterai

Gunakan Charger baterai yang sesuai dengan spesifikasi dari pabrik, jangan menggunakan sembarang charger karena dapat mengakibatkan pengisian yang overload yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop dan baterai anda,

9. Power option.

Gunakan pengaturan Power managemen yang terletak di control panel untuk mengatur besarnya konsumsi baterai yang akan digunakan untuk mengopersikan laptop. Dalam windows 7 ada beberapa pilihan power management yang dapat kita pilih yakni :Balanced, Power saver dan high performance.

10. Gunakan local Drive.

Saat anda ingin menonton film melalui piringan CD atau DVD. Sebaiknya anda mengkopi file film itu ke Hardisk anda sebelum menontonnya.karena putaran piringan dari CD/DVD Room akan menguras baterai anda.

Demikian Tips Memperpanjang umur baterai Laptop  yang dapat saya sajikan saat ini. Jika anda ingin berkomentar atau berbagi tips lainnya saya sangat menghargainya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

1 Komentar

  1. Cah galek said,

    6 Maret 2011 pada 10:13 am

    Thanxs mampir di blogku,kunjungan balik tak coba tipnya mg awet di laptop dr pd beli lg kan mahal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: