Panduan Sederhana Memilih Kamera Digital

Kamera digital jenis apa yang cocok buat anda? Yang anda perlukan hanyalah sebuah kamera yang memberikan hasil  gambar yang baik, dan teknologi digital saat ini sudah sangat baik diterapkan pada semua jenis kamera

Saat anda bertanya tentang harga dan feature-feature apa yang tersedia pada sebuah kamera digital, maka ada tiga jenis kamera digital utama yang kita kenal saat ini, yakni:

a. Point-and-Shoot ( atau Compact Camera)

Kamera jenis ini adalah kamera yang memiliki harga paling murah di antara ke tiga jenis kamera yang akan dibahas. Anda dapat membelinya di toko elektronik  dan sangat banyak juga dijual di berbagai tempat yang menjual komputer. Anda mungkin pengguna kamera jenis Point-and-Shoot, namun jangan malu- barang itu bukanlah mainan. Karena kamera jenis ini sangatlah nyaman (dan  karena  dapat mengambil gambar yang sangat luar biasa), banyak professional senang menyimpan kamera saku ini setiap waktu, walaupun mereka membawa kamera besarnya.

b. Model Prosumer ( Professional/Consumer)

Seperti yang mungkin anda perkirakan, kamera jenis ini berada di antara kamera Point-and-Shoot dan Kamera Professional. Model ini memberikan feature yang lebih banyak namun harganya lebih mahal. Kamera jenis ini baik untuk anda yang sedang mengambil kelas fotografi dan memiliki hobi yang serius dalam bidang fotografi.

c. Kamera Professional

Kamera jenis ini adalah kamera termahal di antara ketiga jenis kamera yang  dibahas. Ini adalah kamera untuk para professional untuk suatu alasan – kecuali kalau anda mencari nafkah dalam dunia fotografi. Jika hanya untuk belajar dan bereksperimen dengan fotografi digital, kamera jenis Point-and-shoot (kamera saku) adalah jalan keluarnya.

Oleh karena itu, jika anda membeli kamera digital, anda mungkin berharap mendapatkan kamera yang bagus yang sesuai dengan budget anda. Di bawah ini beberapa tips untuk membuat pilihan yang terbaik dan tepat.

Berapa besar Pixelnya?

Sebuah kamera Digital terbentuk dari suatu bujur sangkar kecil berwarna yang disebut Pixel. Semakin besar ukuran Pixel kamera anda, maka foto yang anda ambil akan lebih segar dan lebih realistik dan ukuran gambar yang anda cetak juga akan semakin besar. Saat ini banyak pabrikan kamera digital sudah berbicara pada daerah Megapixels. Satu megapixel sama dengan satu juta pixel. Untuk memperoleh hasil cetak yang baik, anda akan memerlukan dua sampai tiga megapixel. Jika anda tidak berencana untuk mencetak foto anda, satu megapixel adalah sudah cukup.

Di bawah ini Tabel besar Pixel yang anda perlukan untuk kamera anda

Megapixels    Baik untuk

<1                    Ditampilkan pada layar komputer

1                      Wallet-size prints

2                      4×6 prints

3–4                  5×7 prints

5                      8×10 prints

6                     11×14 prints

Zoom gambar cukup besar dan anda akan melihat pixel secara individual yang membentuk gambar pada kamera digital.

Berapa Banyak Memori ?

Semakin banyak memori pada kartu memori anda, semakin banyak gambar yang dapat anda simpan pada saat yang bersamaan, dan semakin tinggi pula kualitas gambar yang anda dapatkan. Anda perlu juga tahu bahwa gambar dengan banyak informasi visual di dalamnya akan menguras memori card anda ( misalnya gambar penonton di stadion sepak bola).

Gambar ini mengandung berton-ton informasi visual sehingga mengambil memori yang lebih banyak dari biasanya

Gambar ini mengandung sedikit informasi visual sehingga hanya menggunakan sedikit memori dari yang biasanya.

Sebelum menentukan besar memori card yang akan anda beli, anda harus memperkirakan berapa banyak gambar yang anda akan ambil pada besar pixel tertentu pada saat yang bersamaan.

Sebagai contoh, jika anda memperkirakan akan mengambil 100 foto pada saat  besamaan, dan setiap foto diperkirakan akan memakai sekitar 2,5 megabytes memori, maka memori card sebesar 256-megabyteslah yang anda perlukan. ( 100 foto dikali 2,5 megabytes sama dengan 250 megabytes)

Koneksi macam apa?

Sesuai kebutuhan, jika anda seorang yang serius dengan dunia fotografi anda mungkin memerlukan koneksi dari kamera anda ke komputer. Mungkin juga koneksi dari kamera langsung ke printer anda, handphone atau MP3 anda.

Beberapa jenis koneksi yang kita kenal antara lain:

USB. Ini adalah tipe koneksi yang paling sering dijumpai pada kamera digital

FireWire. Hanya sebagian kecil kamera digital yang memiliki port FireWire. Suatu koneksi FireWire lebih banyak digunakan untuk Video dan Audio digital, tidak terlalu penting untuk gambar diam dalam fotografi, walaupun kamera digital saat ini dapat mengambil video, tapi FireWire tidak terlalu penting

WI-Fi, Wi-Fi adalah koneksi tanpa kabel, sehingga anda tidak perlu menancapkan kabel apapun pada komputer anda. Wi-Fi lebih populer pada komputer jenis laptop.

Bluetooth. Ini adalah tipe lain dari koneksi tanpa kabel. Biasanya digunakan untuk mengirim foto anda ke handphone atau Mp3 player yang anda miliki

Berapa banyak Zoom?

Salah satu hal terpenting dari kamera digital yakni zoom ratingnya. Zoom membuat objek yang jauh menjadi kelihatan lebih dekat. Sebagai contoh, 5X zoom artinya objek akan kelihatan lima kali lebih besar dalam gambar dibanding yang sebenarnya.

Kamera digital memiliki 2 jenis Zoom ( Optical zoom dan digital zoom)

Optical Zoom, menggunakan lensa dari kamera untuk menciptakan efek perbesaran. Saat gambar  masuk ke dalam lensa, maka lensa itu akan bertindak seperti kaca pembesar. Jadi perbesaran objek merupakan perbesaran yang benar-benar terjadi sehingga kualitas gambar anda akan terjaga.

Digital zoom, memiliki sedikit perbedaan. Lensa tidak melakukan apapun terhadap image gambar. Gambar masuk ke dalam kamera pada ukuran yang normal, dan kemudian kamera akan bermain dengan data digital. Jadi perbesaran objek hanyalah semu belaka sehingga kualitas perbesaran gambar anda akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan ( gambar akan pecah jika diperbesar).

Apakah Feature-feature yang lain?

Kualitas gambar bukan hanya mengenai megapixel dan optical zoom. Berikut adalah beberapa faktor penting yang mungkin akan menjadi pertimbangan anda saat membandingkan beberapa kamera digital. Hal ini akan kita bahas lebih lengkap pada artikel selanjutnya.

  • Viewfinder.
  • Shutter Response
  • Lensa.
  • Shutter Speed.
  • Aperture
  • Sensor

3 Komentar

  1. Anto said,

    23 Februari 2011 pada 9:04 pm

    Thanks y infonya,d tunggu y posting selanjutnya

  2. nizwa11 said,

    24 Februari 2011 pada 11:15 pm

    Thank infoya bgus bgett

  3. idayosi said,

    2 Maret 2011 pada 3:51 am

    makasih ya, kebetulan saya 2 minggu lagi rencana beli camdig.Baca tulisanmu bikin aku mudah menentukan pilihan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: