Cara membaca Kode Bearing ( Bantalan)

Bearing atau bahasa indonesianya disebut bantalan merupakan  komponen utama penggerak poros yang berputar. Bearing ( Bantalan ) banyak jenis macamnya, mulai dari bantalan bola ( ball bearing), bantalan jarum (needle bearng), bantalan gesek dan lain sebagainya.

Nah kali ini saya akan membahas sedikit tentang pengkodean bearing utamanya pada ball bearing yang mungkin lebih sering kita jumpai pada kendaraan  kita sehari-hari.

Coba saya beri contoh mengenai pengkodean bearing ( biasanya kode beairing terbaca di lingkaran bearing ) sebagai berikut :

Kode bearing (bantalan) = 6203ZZ

kode bearing di atas terdiri dari beberapa komponen yang dapat dibagi-bagi antara lain:

6 = Kode pertama melambangkan Tipe /jenis bearing

2 = Kode kedua melambangkan seri bearing

03 =Kode ketiga dan keempat melambangkan diameter bore (lubang dalam bearing)

zz = Kode yang terakhir melambangkan jenis bahan penutup bearing

a. Kode Pertama ( Jenis Bearing )

jadi dalam Kode bearing (bantalan) = 6203ZZ  seperti contoh di atas, kode pertama adalah angka 6 yang menyatakan bahwa tipe bearing tersebut adalah Single-Row Deep Groove Ball Bearing ( bantalan peluru beralur satu larik).

Perlu diingat bahwa kode di atas untuk menyatakan pengkodean bearing dalam satuan metric jika anda mendapatkan kode bearing seperti ini = R8-2RS, maka kode pertama ( R) yang menandakan bahwa bearing tersebut merupakan bearing  berkode satuan inchi.

b. Kode kedua ( Seri bearing)

Kalau kode pertama adalah angka maka bearing tersebut adalah bearing metric seperti contoh di atas (6203ZZ ), maka kode kedua menyatakan seri bearing untuk  menyatakan ketahanan dari bearing tersebut. Seri penomoran adalah mulai dari ketahan paling ringan sampai paling berat

  • 8 = Extra thin section
  • 9 = Very thin section
  • 0 = Extra light
  • 1 = Extra light thrust
  • 2 = Light
  • 3 = Medium
  • 4 =  Heavy

Kalau Kode pertama adalah Huruf, maka bearing tersebut adalah bearing Inchi seperti contoh (R8-2RS ) maka kode kedua ( angka 8 ) menyatakan besar diameter dalam bearing di bagi 1/16 inchi atau = 8/16 Inchi.

c. Kode ketiga dan keempat ( diameter dalam (bore) bearing)

Untuk kode 0 sampai dengan 3, maka diameter bore bearing adalah sebagai berikut :

  • 00 = diameter dalam 10mm
  • 01= diameter dalam 12mm
  • 02= diameter dalam 15mm
  • 03= diameter dalam 17mm

selain kode nomor 0 sampai 3, misalnya 4, 5 dan seterusnya maka diameter bore bearing dikalikan dengan angka 5 misal 04 maka diameter bore bearing = 20 mm

d. Kode yang terakhir (jenis bahan penutup bearing)

Ok, jadi kita sudah sampai pada pengkodean terakhir. pengkodean ini menyatakan tipe jenis penutup bearing ataupun bahan bearing. seperti berikut :

  1. Z Single shielded ( bearing ditutuipi plat tunggal)
  2. ZZ Double shielded ( bearing ditutupi plat ganda )
  3. RS Single sealed ( bearing ditutupi seal karet)
  4. 2RS Double sealed (bearing ditutupi seal karet ganda )
  5. V Single non-contact seal
  6. VV Double non-contact seal
  7. DDU Double contact seals
  8. NR Snap ring and groove
  9. M Brass cage

maka bearing 6203ZZ menyatakan bearing dengan tipe ditutupi plat ganda.

35 Komentar

  1. Ammi Hamzah said,

    23 Januari 2012 pada 10:31 pm

    Weh weh weh
    Kerja di pabrik bearing ya? Ampe detil gitu…
    Musti CTRL + S kalo yg ini bukan cuma CTRL + D
    Makasih ilmunya.
    MANTEB – TOP MARKOTOP

    • Zuingli S Bandaso said,

      24 Januari 2012 pada 1:01 am

      ha2 dulu nyaris jadi sales bearing bang…ini bahan persiapan wawancara waktu itu…

      biasanya klo nanya tukang bubut, kayaknya mereka bakalan lebih faham masalah ini

  2. seno said,

    3 Maret 2012 pada 4:15 pm

    sebelumnya terima kasih banyak atas penjelasannya mas Zuingli, jadi bagaimana dengan pembacaan kode seperti pada gambar diatas U34640037-2RZ, mohon penjelasannya! thanks a lot.

    • Zuingli S Bandaso said,

      28 April 2012 pada 12:06 am

      Maaf Mas seno,saya udah nyari referensinya cuman belum dapat. penjelasan diatas hanya untuk kode bearing pada umumnya yang ada di pasaran. kadang sih lain merk pengkodean bearingnya lain juga.. walaupun ada satu dua persamaan mis. kode 2RZ yang maksudnya one side metal shielded, the other side plastic shielded. gitu aja mas…Mohon masukan klo ada yang baca postingan ini……

  3. firman said,

    4 Maret 2012 pada 7:49 am

    boss ane minta mnt tlong di ksih pnjelasan yg lbh spesifik dong boss’

    oya bearing ini standar mn boss . . .
    trus kode yg kedua maksudnya ketahanan itu ketahanan bearing terhadap p bosss . . .
    nilai dri extra thin section – heavy itu brp ya bosss

    • Zuingli S Bandaso said,

      28 April 2012 pada 12:41 am

      ini standar pada umumnya…(SKF,MRC dll) cmn kadang klo da beda merk ada dikit beda pengkodean…
      kode kedua itu artinya ketahanan bantalan pada beban luar… klo nilainya udah dicantumkan diatas….
      klo mo lengkap lagi coba ke http://www.skf.com dan lain2… sory mas klo cmn segitu penjelasannya

  4. Agus Jati said,

    2 April 2012 pada 1:20 pm

    boleh tanya mas…

    kalau pengen tau kode bearing dengan Spek :
    - Roller bearing
    - diameter dalam 3 cm
    - diameter luar 5 cm
    - tebal bearing 1 cm

    bisa ndak di cari kode bearingnya…??

    trimakasih jawabannya…

    • imam said,

      13 Desember 2012 pada 9:48 am

      belum bisa mas karena roller bearing banyak type nya anda harus jelaskan applicationnya untuk apa dan inner yang menyatu atau dapat di lepas dan dng adafter atau tidak kalau bahasa bearingnya ( roller bearing non locating bearing/ semi locating bearing/* locating bearing/locating ring/ with cilinder bore/ with tapered bore dll
      terima kasih
      semoga bermanfaat

  5. Ridho said,

    19 April 2012 pada 2:56 pm

    gilak.. manteb dech artikel nya bg.. hehehe.. jadi dapet pencerahan bwat ngoprek axlelink mtb ane.. hehehe.. thank’s a lot

  6. 14 Mei 2012 pada 1:46 am

    hai mas zuingli……tolong dong jelaskan perbedaan bearing 6202 dan 6300……yg saya ketahui 2 bearing tersebut mempunyai diameter luar yang sama
    sedangkan bearing 6301 dan 6300 mempunyai perbedaan diameter luar
    dan satu lagi…bagaimana cara membaca diameter luarnya

    thanks

  7. alim said,

    31 Mei 2012 pada 1:17 pm

    coba ke sini http://www.bearing128.com/sou.asp
    Tinggal masukkin out diameter berapa, in diameter berapa, thickness= ketebalan berapa

    • 9 Desember 2012 pada 11:17 am

      yang kami tanyakan cara menghitung diameter luar dan dalam dari kode bearing, bukan membaca tabel jenis bearing!!

  8. Effendi said,

    5 Juni 2012 pada 9:26 pm

    wah, keren banget artikelnya .. singkat dan padat . Boleh minta ijin copas mas buat referensi di web saya..?

  9. 1 Juli 2012 pada 10:21 pm

    Terimakasih Info nya…bermanfaat…
    Salam kenal — gada bina usaha

  10. Aji sunandra said,

    27 Agustus 2012 pada 3:32 pm

    mas mohon diulas tentang cara membaca kode bearing untuk turbocaharge khususnya beraing ABB (VTR)

  11. fdlr said,

    19 September 2012 pada 1:10 pm

    iji share pak de.. hhe

  12. ffenk fernando said,

    7 Oktober 2012 pada 1:02 am

    mkasih ilmu’y bang….!!!!

  13. Rini said,

    26 Oktober 2012 pada 2:37 pm

    Aye punya masalah bang…… dengan bearing. motor asli mega pro bearing roda belakang 6302. aye ganti rodanya tiger revo yang bearingnya berkode 6303 dan 6203. klo baca catatan di atas sudah jelas diameter as revo lebih besar (03 lebh besar dari 02) nahhhh yang aye tanyain kode diameter luar bearing di mana ya?

    • Basyir Hafid said,

      29 November 2012 pada 10:02 am

      apa perbedaanx type bearing spherical roller CC/W33.EKC3.CC3/W33

      • imam said,

        13 Desember 2012 pada 9:40 am

        cc/w33 aplication standar polos tanpa adafter
        ekc3 menggunakan adafter dan untuk putaran tinggi
        cc3w33 putaran tinggi tanpa adafter
        semoga bermanfaat

  14. joko said,

    29 November 2012 pada 2:50 pm

    mas kalo cara baca kode bearing 6312 zz c3 p6 dan 22220 k c3

  15. Fauzan said,

    1 Desember 2012 pada 9:48 pm

    Bang, izin copas ya
    data ane ilang semenjak FD rusak..
    tenang, ane tulis sumbernya di daftar pustaka kok
    thanks

  16. 9 Desember 2012 pada 11:14 am

    sayangnya pertanyaan para pembaca gk banyak yang ditanggapi, memprihatinkan!!

  17. wayan said,

    20 Desember 2012 pada 5:42 pm

    saya pemakai mobil chevrolet lova MT 1.4 selalu kehusan pada bearing roda depan dan belakang pekaain bearing jenis mana yang cocok pada chevrolet lova tersebut

  18. ari said,

    6 Maret 2013 pada 1:38 pm

    trimaksih infonya, boleh dianalisa untuk bearing ser SCO 889 C4 itu apa ya ? trimss

  19. 10 Mei 2013 pada 9:43 pm

    kunjungan malam .

  20. ipanase said,

    12 Juni 2013 pada 3:09 am

    mantabhhh gan

    • drina said,

      19 Juni 2013 pada 4:28 pm

      Thanx atas informasi about bearingnya jd lengkap nih laporan yg ane tulis

  21. setiawan kusnadi said,

    15 Juli 2013 pada 6:51 pm

    bang, boleh gak saya minta tabel tentang jenis bearing, seri bearing, diameter bearing, dan bahan jenis penutup bearing ??? mohon bantuannya bang… buat tugas kuliah ni….hedeh….

  22. Juon said,

    1 Agustus 2013 pada 6:04 pm

    Bagaimana membacanya jika kode bearingnya 7312 BECMB?
    Dan antara bearing yang pertama merk SKF Dengan kode NU 311 Sedang yg satunya merk FAG dengan kode NUP 311?

  23. agus said,

    17 Oktober 2013 pada 2:07 pm

    kalo nomor serinya NU3168 apa artinya? mohon pencerahannya

  24. mustopa said,

    13 Februari 2014 pada 11:09 am

    terimakasi atas ilmunya cuma bagaimana caranya untuk mengetahui ukuran dimensi lain sep diameter luar, dan tebal.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: