Perbedaan Proyeksi Amerika dan Proyeksi Eropa

Di bawah ini ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antara proyeksi Amerika dan Eropa dalam gambar teknik. Perlu diketahui bahwa proyeksi Amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga/kwadran ketiga dan proyeksi Eropa disebut juga proyeksi Sudut pertama/kwadran pertama.

Dalam video berikut akan diterangkan secara gamblang, bagaimana cara membuat proyeksi amerika bagi anda yang mungkin masih bingung menggambar proyeksi gambar 3 dimensi ke gambar 2 dimensi ( karena dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskannya secara detil melainkan hanya menerangkan letak perbedaan penempatan gambar proyeksi pada gambar ):

Saya sengaja memberikan ilustrasi video dengan proyeksi amerika, karena proyeksi amerika adalah proyeksi yang paling masuk akal untuk dibayangkan. Nah! kalau kita telah mengetahui cara menyusun Gambar pada proyeksi amerika maka otomatis kitapun dapat menyusun gambar pada proyeksi Eropa dengan benar. Kenapa? karena ternyata peletakan posisi gambar pada proyeksi amerika hanya merupakan kebalikan dari proyeksi Eropa tanpa merubah isi gambar. Klo bingung lihat Ilustrasi gambar di bawah.

Ini adalah gambar benda kerja yang akan diproyeksi

Gambar 1

Dari gambar di atas

A merupakan pandangan dari depan

B merupakan pandangan dari kiri

C merupakan pandangan dari kanan

D merupakan pandangan dari atas

E merupakan pandangan dari bawah

Maka Susunan proyeksi Amerika dari gambar 1 tersebut seperti di bawah ini :

Proyeksi Amerika

Nah, jika Anda sudah memahami letak dan posisi proyeksi Amerika, maka dengan mudah anda akan mengetahui letak penempatan proyeksi Eropa dimana View C yang terletak di sebelah kanan tinggal ditukar dengan View B yang terletak di sebelah kiri, demikian pula Gambar View D yang berada di sebelah atas dipertukarkan dengan View E yang berada di bagian bawah. View A tetap pada posisi semula. Maka akan diperoleh gambar proyeksi Eropa sebagai berikut :

Proyeksi Eropa

Gimana, Mudahkan….

O..ya..nih satu hal yang penting untuk di taruh di etiket gambar, yakni lambang proyeksi Amerika dan Eropa supaya gak ketukar-tukar simbolnya.

Simbol proyeksi Amerika dan Eropa

31 Komentar

  1. eno3593 said,

    2 Oktober 2011 at 8:55 pm

    makasi atas info nya..,

  2. zwingly said,

    2 Oktober 2011 at 11:39 pm

    sama2 bro,…

  3. Syamsuar said,

    6 Oktober 2011 at 8:13 pm

    oke bagus banget untuk PBM.

  4. agung said,

    15 Oktober 2011 at 6:16 pm

    siip bro..mudah dipahami..thx’s!!!

  5. nta said,

    25 Oktober 2011 at 11:00 pm

    terimakasih banyak infonya

  6. ayrize said,

    24 November 2011 at 11:47 pm

    thanks..ne ru cpat dpahami…

  7. okta said,

    24 Desember 2011 at 12:43 pm

    ad yg berupa gambar benda gg….??

  8. 10 Januari 2012 at 5:33 pm

    like it…

  9. GEORGE DEA MARTIN said,

    11 Januari 2012 at 12:12 am

    makasih bnyak yah,,, klo da informasi yg lain mohon di kirim lg,

  10. baron kurniawan said,

    17 Januari 2012 at 11:03 am

    saya sangat menyukainya……
    sya jadi lebihh pahammmm
    terimakasihhh

  11. Abdul hAriz said,

    3 Maret 2012 at 4:15 am

    terima kasih atas ilmu yg sudah anda berikan_

  12. Saing Saidi said,

    4 Maret 2012 at 8:08 pm

    makasi

  13. agunk said,

    5 Maret 2012 at 5:20 pm

    ngarti lah

  14. teknik said,

    20 Maret 2012 at 2:59 pm

    bang punya versi lengkap’a ga!!shared dong

  15. mochamad kholik said,

    29 Maret 2012 at 5:42 pm

    very interesting..!

  16. heri zeroo said,

    30 September 2012 at 8:34 pm

    Mengerti sdh saya mas brooo makasij e…

  17. cGiet said,

    2 Oktober 2012 at 5:59 pm

    kenapa dikasih lambang seperti itu gan?

  18. trie said,

    10 Oktober 2012 at 6:57 pm

    iyuh………………………..

  19. indra sumarga said,

    13 Oktober 2012 at 2:06 pm

    thank infonya
    jadi tambah ilmu

  20. 31 Oktober 2012 at 1:23 pm

    thanks bro informasinya soalnya kadang lupa” ingat gitu hehe

  21. 6 Desember 2012 at 7:30 pm

    bermanfaat sekali,,apa lagi untuk pelajar seperti saya
    terima kasih infonya

  22. 3 Februari 2013 at 9:26 pm

    Thanks Broo…Pusing Ane Amerika / Eropa Nya -_-

  23. slamet said,

    7 Februari 2013 at 1:17 pm

    Alhamdulillah..
    Trimakasih mas bro artikelnya

  24. DIDIEK said,

    4 Maret 2013 at 11:39 pm

    Kenapa begitu?

  25. asep setiawan said,

    3 September 2013 at 2:21 pm

    Ok thanks with noted

  26. dayat said,

    1 Oktober 2013 at 10:28 pm

    mkch y…… sagat brmamfaat bgi jrusan teknik nh

  27. EL said,

    9 Oktober 2013 at 8:40 pm

    sip …nanti tinggal di pelajari bwt uts

  28. abenk said,

    5 November 2013 at 10:52 am

    sip Gan tararengkyu….

  29. marudut siagian fbs said,

    4 September 2014 at 3:13 pm

    oke lebih banyak lagi ya informasi ya broooooooooooooooooooo

  30. ade said,

    22 Oktober 2014 at 10:48 pm

    terimakasih

  31. yazaeko said,

    1 November 2014 at 10:04 pm

    thks^^ infonya mudah dimengerti


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: