kalibrasi baterai Laptop Anda!!

Sudah banyak postingan yang membicarakan cara untuk merawat dan memperpanjangan umur baterai laptop, tapi seperti manusia..baterai Laptop itu Fana adanya.. artinya, sejago apapun anda merawatnya pasti ada waktunya harus mengganti baterai laptop tersebut karena semakin hari kemampuan baterai untuk menyimpan daya listrik akan semakin berkurang.

Nah, oleh karena itu pada postingan kali ini, saya akan menshare salah satu hal penting yang sering diabaikan oleh pengguna Laptop,yakni pentingnya Kalibrasi baterai laptop. Apapula itu kalibrasi baterai Bahhh!!! Masih banyak orang salah kaprah mengenai pengkalibrasian baterai laptop. Pikirnya kalibrasi baterai laptop adalah bagian dari usaha untuk memperpanjang umur baterai…tapi ternyata salah Beesaarrrr!!

Jadi kalibrasi baterai laptop itu sebenarnya berguna untuk mengetahui kondisi real kemampuan baterai kita untuk menyalakan laptop yang kita miliki dalam jangka waktu tertentu. Maksudnya?? begini loh… klo anda telah mengechas penuh baterai laptop anda..Nah, lihat¬† indikator baterai pada bagian taskbar layar monitor anda. Disana terbaca “100% remaining” ( 4 Hours remaining)..eh taunya baru sejam laptop udah K.O…Nah di sinilah gunanya kalibrasi. Memperlihatkan kemampuan sebenarnya baterai anda. jadi, tabahkan hati anda setelah anda mengkalibrasi baterai laptop anda dan terimalah kenyataan yang walupun pahit,Hik..hikk..hik.. terimalah dengan lapang dada.

Tapi, Kan klo anda sudah tahu mulai dari sekarang kemampuan baterai laptop anda, artinya anda dapat mulai dari sekarang menabung untuk persiapan membeli baterai baru di masa yang akan datang. Atau kalau lagi presentasi, anda tahu selama apa laptop anda dapat bertahan….

Ok,dah ga usah panjang lebar lagi. Berikut ini cara kalibrasi Baterai laptop yang benar (versi http://batterycare.net ). Mudah2an anda telah melakukannya dengan benar…

1. Charge baterai laptop anda sampai pada kapasitas maksimum/penuh (100%)

2. Biarkan baterai beristirahat dalam keadaan terisih penuh selama kurang lebih 2 jam agar supaya baterai menjadi dingin dari proses pengechasan. Anda dapat menggunakan laptop anda secara normal selama proses ini.

3. Lepaskan colokan charger dari komputer dan atur laptop untuk hibernasi secara otomatis pada persentase minimum yang masih memungkinkan seperti langkah-langkah pada gambar dibawah ini:

a.

b.

c.

d.

e.

4. biarkan laptop berhibernasi (hybernate) tanpa terchas sampai komputer akan terhibernasi sendiri. Anda dapat menggunakan laptop secara normal selama proses ini.

5. saat komputer telah tersutdown oleh proses hibernasi, biarkan laptop anda tetap dalam keadaan mati selama 5 jam atau lebih.

6. chas laptop anda ( non stop) sampai indikasi baterai mencapai 100%. anda dapat mngoperasikan laptop anda selama proses pengechasan.

Klo semua sudah dilakukan dengan benar,indikator waktu pengoperasian baterai pada laptop anda akan menunjukkan waktu yang sebenarnya.

Sumber tips:  http://batterycare.net/

31 Komentar

  1. Kris said,

    19 Oktober 2011 at 1:36 am

    Akan D coba,,,,,,,,,

  2. 25 Desember 2011 at 10:15 pm

    Keren gan!
    Infonya sangat bermanfaat, dan ternyata selama ini asumsi saya tentang kalibrasi salah, hehe :p

  3. walank ergea said,

    10 Februari 2012 at 8:25 pm

    aku udah coba kalibrasi dengan mengikuti langkah2 di atas. tapi kok masih belum berhasil ya kayaknya. aku pasang software battery meter di netbook-ku. Dan setelah 5 jam lebih kubiarkan mati, trus dicas 100%. Pas dinyalain masih muncul pesan bahwa baterai harus dikalibrasi. Kenapa tuh Bang? Trims ya :)

    • Zuingli S Bandaso said,

      12 Februari 2012 at 12:34 am

      wah bang walank, coba lagi deh di ulang langkah2 di atas dengan cermat. Klo saran saya sih, ga usah pake software battery meter klo g mau keganggu dengan pesan2 dari si software. cukup dengan indikasi batere bawaan windows udah cucup kok.

      Satu lagi yang paling penting! kalibrasi batre laptop bukan untuk memperpanjang umur laptop. Jadi fungsinya untuk mengukur tinggal berapa lama sebenarnya umur batre laptop abang….

      • walankergea said,

        12 Februari 2012 at 12:44 am

        Mas Zuingli, ketika laptop dibiarkan istrahat dalam waktu 2 jam atau lebih itu berarti laptop masih terkoneksi ke listri ya?

  4. Zuingli S Bandaso said,

    13 Februari 2012 at 7:41 am

    jangan di koneksi kelistrik mas selama 2 jam itu, supaya batere istirahat dulu.. ( amannya sih ga usah di pake dulu laptopnya)

  5. walankergea said,

    13 Februari 2012 at 10:10 am

    pada langkah a kan colokan harus dilepas mas, itu sebelumnya sudah dicabut dari listrik ato gimana? pada

    • Zuingli S Bandaso said,

      14 Februari 2012 at 11:55 am

      mulai dari langkah 2 kayaknya mas

  6. sunil said,

    13 Februari 2012 at 4:36 pm

    mas gimana klo baterainya di cas dan hanya bisa terisi 1% kemudian lampu indikator menandakan baterai sudah full, gimana solusinya?

    • Zuingli S Bandaso said,

      14 Februari 2012 at 11:17 am

      klo udah di cas, n baterenya bisa bertahan lama..maka perlu di kalibrasi ulang.
      Tapi klo udah di cas n beterenya langsung ngedrop artinya ganti betre baru lagi mas…

  7. yougotapunk said,

    16 Februari 2012 at 5:23 am

    untuk kalibrasinya kira2 berapa bulan sekali mas?

    • 17 Februari 2012 at 8:30 am

      klo menurutku sih kalibrasi rutin perlu…tp g perlu terlalu sering. tergantung dengan performa kinerja laptop. klo penunjukan jumlah waktu kerja batere sama dengan penunjukan waktu kerja laptop g perlu dikalibrasi dulu kayaknya

  8. rujakerai said,

    24 Februari 2012 at 10:34 am

    mas mau tanya bagamana kalu plan baterai balanced hilang.
    bagemana mengembalikanya….

    • bobi said,

      24 Februari 2012 at 5:08 pm

      coba cari di menu run, kemudian ketik msconfig dan buka service…

      • rujakerai said,

        29 Juli 2012 at 7:08 am

        lalu cari yang apa yang prlu di seting bro…

  9. Rohman said,

    29 Februari 2012 at 1:01 pm

    batterai saya koq cepat habis ya?
    padahal battrai baru saja di charge dan full 100%. kira-kira 10 menit status baterai menjadi 65% setelah itu sekitar 5 menit sudah habis total dan laptop mati.
    Ini sangat mengjutkan….????
    Tolong batu untuk pemecahan masalahnya, kirim ke email saya rohman_fahrudi@ymail.com
    Terima kasih sebelumnya.

    • kopirebusta said,

      1 Maret 2012 at 12:44 pm

      mas rohman.. itu artinya batere udah kudu ganti baru…tapi lain lagi persoalannya klo batere mas rohman masih baru

  10. Amy said,

    8 Maret 2012 at 3:10 pm

    mas saya mau tanya, apakah menggunakan laptop/netbook sambil men-charge batterenya akan membuat laptop/netbook atau battere netbook cepat nge-drop dan apakah pengaruhnya?

    dan bagaimana jika kita menyalakan laptop/netbook yang sudah penuh dalam keadaan mati, namun adapter masih terpasang lalu kita menyalakannya saat adapter masih tertancap, apakah yang akan terjadi apakah akan tetap terhitung sebagai discharge atau tidak ?

    • anak kuliahan said,

      9 Maret 2012 at 7:42 pm

      menurutku klo batere laptop masih terhitung baru, bisa dipake lebih dari 6 jam mending chargex pas laptopnya dimatiin aja. asumsinya klo pengisian dalam keadaan mati, batere cuman melakukan fungsi pengisian aja.. tapi klo sambil di charge n sambil laptopnya di pake artinya, batere harus jalanin 2 fungsi pengisian n pelepasan arus listrik ( baterenya bakalan cape..lama lama jadi malas alias ngedrop)…

      klo pertanyaan kedua…sebaiknya nancap kabel ke sumber listrik dulu, baru nancapin adapter ke laptop supaya ga ngagetin komponen laptop yang amat peka.

      Gitu aja, klo saya salah, mudah2an ada yang betulin…he3

  11. user25 said,

    16 Juni 2012 at 8:14 pm

    Kalo udah dikalibrasi, mode hibernatenya boleh diilangin kan kaya normal lagi?

    • zwingly said,

      17 Juni 2012 at 5:06 pm

      kayaknya bisa aja tuh….kan kalibrasi cuman untuk mbenerin pembacaan skala kapasitas batere…misal. klo timbangan blum dikasih beban eh da nunjukin 5 kg mesti dikalibrasi jd jarumnya nunjuk ke 0 Kg

  12. liana said,

    19 Juni 2012 at 2:06 pm

    Mas, mohon infonya. Untuk Poin 2, laptop dalam keadaan charge atau enggak ya? Kan didinginkan, kalo asumsi saya nggak dicharge. Tapi, di petunjuknya, charger baru dicabut di poin ketiga. Mohon penjelsannya. Terima kasih.

    • zwingly said,

      19 Juni 2012 at 9:18 pm

      betul Mba’, charge labtop d lepas aja..poin 3 itu cmn tinggal pengaturan setting doang…

  13. guntur said,

    4 Februari 2013 at 2:53 pm

    gimana klo kebalikannnyaa…
    maksudnya:
    Laptop saya cas penuh….10mnt ada peringatan batre low….. setelah itu tidak mati sampai 90mnt sambil nonton film… tapi kalo pas 10 mnt tadi laptop saya matikan, trus saya nyalakan lagi, pasti ada warning..
    apa masalahnya Om….

  14. 21 Februari 2013 at 2:52 am

    Mas…sy ngecas laptop indikatornya “not charging” padahal baru 60%..apa yg hrus sy lakukan? mohon petunjuknya

  15. vemby said,

    18 Maret 2013 at 4:32 pm

    ada aplikasi buat ngasih tau kalo baterai laptop udah penuh ga?

  16. rui said,

    6 April 2013 at 11:37 am

    di step satu laptop boleh dipake ga gan? pas lagi di chas sampai 100%?

  17. bns said,

    8 April 2013 at 3:07 pm

    baterai saya biasanya mati di sekitar 20%, tapi untuk kalibrasi harus hibernate di 5%. gimana caranya mas?

    • dewa said,

      13 November 2013 at 5:50 pm

      Iya mas kasus sy jg sama, kadang 20%,kadang 18% gak tentu sok berubah-ubah laptop dah mati sendiri bahkan gak bisa otomatis hibernate, gimana jg caranya kalibrasi untuk hibernate di nilai minimal 5%? , sekalian ni, kenapa sekarang kalau says ngeces kadang full changernya tidak tentu, sok 87% dah full, kadang 89% malah sekarang kalau indikatornya dah
      menunjukan full changer, ngecesnys mati otomatis terus beberspa menit kemudian ecesnya nyambung lagi scr otomatis dan ini terjadi scr berulang ulang, mohon solusinya?

  18. joe luzen said,

    28 September 2013 at 7:34 am

    gan,,yang sy bingungkan pd proses pengkalibrasian batre harus di charger sampe 100%,,sedangkan punya sy,meskipun di charger semalaman ttp saja nyampe 40%..gmn tuh gaan?

  19. Zuingli S Bandaso said,

    13 November 2013 at 9:55 pm

    To all…menurut saya kalibrasi betre itu tujuannya bukan untuk memperbaiki kinerja batere, cuman sbg indikator kemampuan betere kita sdh sampai mana ( mis. kita lg mo presentasi 30 menit,betere nunjukin masih thn 1 jam pdhl kemampuan sesungguhnya tgl 5 menit. presentasi kita bkalan berantakan). intinya klo betere laptop kemampuannya sdh minimum, siapin adaptor sj spy g kehabisan daya tb2.
    Thx.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: