CARA MENGATASI PANAS MODEM SMARTFREN AC682

Dalam tulisan saya sebelumnya “ Cara berinternet murah dan cepat dengan Smartfern AC682”  sudah dibahas bagaimana memuaskannya berinternet ria dengan Modem smartfren AC682..tapi akhirnya dibatasi oleh kendala panas akibat desain dan bahan modem yang ya…sedikit di bawah standar ( he3)..

Tapi ga pa2, ga usah nyalahin produknya…lihat aja segi positifnya yakni kecepatannya yang superr….klo masalah kekurangannya serahkan aja pada ilmu perpindahan panas ( bahan kuliah waktu masih kuliah di teknik mesin dulu he3 )

Perpindahan panas terbagi atas 2 yakni secara konduksi dan konveksi…STOPP !! jangan nguliahin nanti di hajar sama mas/mba dosennya he3..( bercanda..)

Oke sederhananya gini :

Sediain bahan2 berikut :

  1. Heatsinc kompi kamu ( yang udah gak kepake/ klo saya pake punya Processor n Power suplay )
  2. Kabel sambungan USB yang ada jantan n betinanya ( panjangnya terserah deh)
  3. Kipas pendingin kompi ( klo saya pake punya fan coolernya processor)
  4. Kabel USB bekas, yang diperlukan jantannya aja  ( klo saya pake bekas kabel USB printer saya yang rusak)
  5. Karet gelang secukupnya.

Nih contoh punya saya….

Cara merangkai seperti ilustrasi berikut :

TAmpak Depan

Tampak Atas

Tampak Belakang


Nah yang sedikit rumit yakni cara nyambungin kipas dengan kabel USB bekas ( poin 4 ).. caranya mudah kok.. minta tolong sama orang yang ngerti listrik!!! He3..

Tapi klo ga ada, cocokin aja dengan punya saya…

Kabel fan cooler saya punya ( Poin 3), terdiri dari tiga kabel keluaran yakni Hitam, Hijau dan Kuning. Dan akan saya sambungkan dengan kabel USB bekas ( Poin 4 ) yang memiliki 4 buah kabel + serabut tembaga di luarnya. Kabelnya terdiri dari warna Merah, hitam, hijau dan putih.

Cara nyambung…

Kabel hitam Fan cooler di sambung ke kabel  hitam punya USB bekas

Kabel kuning Fan cooler di sambungin ke kabel merah punya USB bekas

Kabel2 lainnya… dicuekin aja…

Udah deh…

55 Komentar

  1. RIEN!! said,

    18 Agustus 2011 at 9:08 am

    thanks info’y…coba dipraktekin dech..

  2. billa said,

    2 September 2011 at 6:46 am

    terlalu ribet bang … hehe saia ga ngerti (bukan anak teknik ci)

    • zwingly said,

      2 September 2011 at 9:16 am

      kelihatannya sih ribet… klo da di coba, pasti nt bilangnya…”Wah cuman gitu taohhh,,,” he3

  3. Toto said,

    18 September 2011 at 2:39 am

    Pasti sih lebih dingin, tapi kalo masih disarungin dengan plastik cover bawaan dari modem, temperatur enggak turun banyak, plastik penghantar panas yang jelek, walaupun di depannya pakai heat sink, saya rasa percuma aja, beda 3-4 derajat enggak ngaruh. Mendingan di kipasin. lalu cover tempat sim card dibuka, di angin-anginin, jauh lebih baik. itu menurut saya lho. makasih.

    • zwingly said,

      18 September 2011 at 12:07 pm

      Usulnya boleh juga…tapi takutnya repot buka cover simcard,.kemarin saya coba pisahin kipas dari heatsink ,maksudnya kipas fancooler saya letakkan di samping heatsink ( untuk ngipasin heatsink). Hasilnya,,, lumayan,Modem dingin teruss…ga ada istilah disconect karena kepanasan

  4. ciraja said,

    23 September 2011 at 7:02 pm

    klo saya pake yang hitam…. yang jauh lebih mahal…. biasa orang kaya…

  5. lord mbe said,

    24 September 2011 at 7:22 pm

    kayaknya mantab idenya bro… saya baru beli tu modem kemaren sore trus ternyata memang cepet banget panas.
    Terima kasih Dewa…… akhirnya ada yang ngasih ide juga

    • zwingly said,

      26 September 2011 at 9:23 pm

      It’s Okay Bro,,Tapi,karena iklan smart udah nongol d tv, doain aja, mudah2an smakin banyak konsumen, kecepatannya ga turun he3….

  6. FLASHY said,

    3 Oktober 2011 at 4:33 pm

    HEY ;)

  7. rhey said,

    13 Oktober 2011 at 12:57 pm

    makasih infonya bos…tak coba dlu…..tp ane minta pencerahan dlu nihh sebelumnya hehehehehe…………

    kabel USB buat nyambung tuh modem yang bagus merk pa yah…q coba pakek yang warna biru ada errornya e hasilnya g bisa online deh…

    trus ada kemungkinan meleduk g’ ya tu modem kalok dlm keadaan panas kita pake’ trus…takut beneran ne brooo…hehehehe

    makasih seblumnya….

    • zwingly said,

      13 Oktober 2011 at 10:23 pm

      wah klo kabel usb sih terserah aja Mas, saya aja pake yang 15 ribuan..pnjng cmn 50 cm . klo masalah g bs online itu karena kabel usbnya mungkin da rusak, jd mesti cari yang baru.

      klo meleduk g bakalan sih..cmn takutnya papan sirkuit dalam modem bakalan rusak karena panas berlebih..jd klo da panas koneksi pasti akan lambat n putus.. klo dibiarin paling umur modemnya ga bakalan sampe 3 bulanan he3

  8. aziz said,

    14 Oktober 2011 at 8:25 am

    gan, itu cara nyambung yang kabel usb bekas ama kabel fan cooler ntu semuanya gitu ya gan?? yang punya ane fan coolernya 4 kabel n usb bekas nya ada 3 kabel gan,,,

    mohon bantuannya gan,, thanks

    • zwingly said,

      15 Oktober 2011 at 1:12 am

      yang di atas itu cuman klo pas dengan punya saya…tapi umumnya kabel fan itu ada positif,negatif dan netral… mungkin klo 4 cuman kabel kontrol aja…
      sy sarankan jangan pake usb bekas…cari yang baru spy awet….klo kasusnya kayak gitu [anggil temen yg tau listrik pasti bisa dikerjain. tp klo ga ada pake prinsip trial n error aja…cari dan hubungkan sumber positif n negatif masing2 kabel usb dan fan

  9. aziz said,

    14 Oktober 2011 at 8:33 am

    masalahnya ane coba kemarin uda ane sambung ga bisa hehehe

  10. Inal said,

    28 Oktober 2011 at 8:10 am

    Kalo saya, buat ngatasin modem panas pake cara anak sunat, modem saya bungkus pake kapas dan diperban trus dikasih air biar lembab supaya panas nya bisa diserap kapas dan kalo sudah kering ditempelin kapas basah aja begitu terus. Pokoknya Ben jamin adem modemnya

    • Zuingli S Bandaso said,

      28 Oktober 2011 at 8:57 am

      he.he..he.. kreatif jg…. apa ga koslet tuh mas modemnya?

  11. Kira said,

    3 November 2011 at 10:16 am

    haduh kok cukup ribet ya.. kira2 beli jadi ada ndak ya.. :(

  12. roy said,

    8 November 2011 at 9:37 pm

    pantengin ajah modemnya sama kipas kecil toh awet sendiri gk ada kata disconect mudah simpel dan gampang [gituh ajah kok repot]:)

  13. mycreation said,

    9 November 2011 at 11:59 pm

    Modem saya Huawei E153 kecepatannya lumayan, dipake sebentar langsung panas. Pantengin ajah ma kipas angin. Gampang toh ?

  14. ZITOCHI said,

    18 November 2011 at 7:11 am

    itu maz cepet panas modem di akibatkan snyal rendah dan modem bekerja dengan extra jadi panas meningkat….
    cukup pake heatsing kecil bisa ngatsi koq panas nya…
    tapi sinyal di tingkatkan……..

  15. Oemar Bakri said,

    22 November 2011 at 4:01 pm

    modem saya kalau buat download awalnya cepet, beberapa saat kemudian kecepatannya turun..turun teruuuuuus sementara waktu remainingnya nggak turun tp malah tambah lama dan lamaa..ending-endingnya download enterupt/ gagal. Bagaimana itu mas, apa juga karena modemnya hot atau emang kebetulan dapet modem smartfrend yg tidak bagus? saya pakai yg haier CE682, beda apa ya ama yg produk ZTE?

    • Zuingli S Bandaso said,

      25 November 2011 at 5:46 am

      Gw,,lg mo share nih…klo belakangan ini koneksi internet smart fren sudah lowbet buanget ….( biasalah! pamor sdh naik, konsumen udah mulai dikecewakan…… he3

      Jadi tulisan ini bukan cuman untuk modem punya merek ini doank….bisa untuk modem produk lainnya kok bro….

      gmn koneksi di tempat kalian ? share dunks…..

  16. Khande said,

    25 November 2011 at 10:13 pm

    bang, modem smartfren saya ga bisa konek kalau pake kabel tambahan, katanya ga di detect ama app dial nya,,, gmn itu ya? makasih :D

    • Zuingli S Bandaso said,

      26 November 2011 at 12:15 pm

      maksdunya kabel tambahan USB ya,Mas? klo iya, mesti nyari kabel USB yang bagus Mas, soalnya emang sensitive banget modemnya

  17. dani said,

    27 November 2011 at 8:23 pm

    ciri” kabel usb yg bagus ky gmn emg ?
    ane uda beli kabel usb yg s’hrga 10rb dgn panjang 1m,tp g bs konek ma modem

  18. 1 Desember 2011 at 9:14 am

    saya mau share saja. saya biasa pake speedy yang stabil dan cepet. akhir akhir ini saya merasa butuh mobile, jadi saya pilih smatfren yang katanya cepet.betul sih kecepatannya memang bisa nyaingin yang pake kabel juga.. tapi kecepatan itu ngga bertahan lama, lantaran panas yang berlebih.
    kebetulan tempo hari saya baru ganti kiprok motor, trus kiprok motor itu ada di meja kerja saya. dipikir2, kiprok motor dirancang buat melapas panas yang jauh lebih panas dari nih modem, saya iseng aja naroh itu kiprok di atas modem saya. bawahnya sih diganjal juga..kasian usb slotnya kalo ngga diganjal. alhasil, panas modem saya berkurang banyak. cuma dengan cara ditempelin kiprok motor bekas itu tadi. saya mau share gambarnya tapi kok ngga tau caranya, jadi saya share ke twiter saja, saudara2 yang penasaran bisa cek di twiter saya.
    yang pasti bodi kiprok itu berfungsi melepas panas yang jauh lebih panas dari modem ini, jadi mungkin buat panas segini, ga masalah.
    biasa brosing setengah jam macet, iniisa berjamjam..
    intinya….. cara yang dishare ama agan zwingly itu menurut saya efektif banget….

  19. Dhafian said,

    24 Desember 2011 at 6:14 am

    saya hanya pake kipas angin. mantap,, dingin terus!!

  20. Owobbowo said,

    14 Januari 2012 at 3:24 am

    Gan kyane panas krn d dlm netbook ada konek update yg hiden jdi panas gan

  21. balya said,

    2 Februari 2012 at 4:16 pm

    satu kata gan CERDAS

  22. hardi said,

    2 Februari 2012 at 8:01 pm

    sip…. itu yang lagi saya pikirin. kebetulan saya baru beli. bener2 panas. tapi soal kecepatan….ruarrr biasa buat sekelas MODEM USB…. gak bikin panik. dan mudah2an tetap bertahan sampek ancurrrr…..
    buat tipsnya……oke juag tuh…….

  23. 5 Februari 2012 at 3:10 pm

    kk klo untuk modem telkosel flash gimana cara’a? n kasih tutorial yg mudah,, soal’a saya masih kls 2 smp heheh

  24. gugum web said,

    21 Februari 2012 at 1:00 am

    ak juga kayaknya lebih setuju buat meminimalisir PANAS itu dengan Cara Memperkuat Signal.

    Kan kita smua udah tau, kenapa modem itu cepat Panas:
    1) Kelamaan Pake
    2) NGe-DEN mempertahan kan signal

    Smakin Nge-DEN modem mempertahankan signal, smakin HOT lah dia. Lucu, tp bener koq.

    Dat’s why, signal mempengaruhi performa Modem,
    logis kan kalo Anjing lompat2 mo dapet Roti lama-lama dia gerah?
    Nah gitu deh….

    CMIIW.

  25. Kevin said,

    21 Februari 2012 at 9:15 pm

    om, kalo modem smartnya yang model CE682 sama aja kan?

    • kopirebusta said,

      23 Februari 2012 at 8:29 am

      kemarin sempat liat sih yang model CE682 punya temen, lebih berat dari AC 682 dan klihatannya lebih bagus dari AC682. tes aja, klo cepet panas ya dinginkan aja pake cara di atas….

      • Kevin said,

        1 Maret 2012 at 11:43 am

        oke, makasih ya om..

  26. otnanarp said,

    11 Maret 2012 at 11:21 pm

    Masukkan saja modem ke kondom kontrasepsi, lalu modem celup’in di air.
    Ditanggung murah dan efektif.
    Dijamin kondom tidak akan bocor !

  27. burhan said,

    16 Maret 2012 at 11:46 am

    yah..meskipun agak ribet tapi mau aku coba nih gan..makasih ya infonya..

  28. djiesoft said,

    22 April 2012 at 4:51 pm

    tapi… ngaruh ke sinyal ga?…

    • Zuingli S Bandaso said,

      27 April 2012 at 11:46 pm

      tentu aja sob, modem itu jadi panas karena berusaha nangkap sinyal n bakalan semakin panas klo sinyalnya itu lagi down buanget ato klo terlalu buanyak upload or download secara bersamaan. Nah klo modem mulai panas otomatis kinerjanya untuk nangkapp adem. sinyal akan menurun. SO, untuk menstabilkan sinyal yang ada maka modem harus diusakan tetep adem

  29. Nurin said,

    30 April 2012 at 2:19 pm

    makasih bang infonya, sangat membantu saya.

  30. 10 Mei 2012 at 7:19 pm

    Gan klo misalkan warna kabel USBnya berbeda dengan punya agan gmna gan..??

    Ane mau bwat tapi masih ragu , tolong Add saya di Facebook : https://www.facebook.com/profil.tetra

    • 15 Mei 2012 at 5:11 am

      kemarin waktu pas nyambung kabel kebetulan dibantuin temen sy yg paham listrik,,,sarannya sih coba2 aja alias trial n eror klo milih kabel mana yg power n kabel mana yang data..pasti nemu kok, klo yang beda cuman karena warna kabel USBnya….cek pake mltimeter klo kabel masih baik ato gak…gitu aja gan..moga bisa membantu( satu lagi,, jangan pake ragu…langsung praktekin. gagal itu resiko)

  31. 20 Mei 2012 at 5:42 pm

    sip bos tengkyu….dh muter kenceng ni kipas di atas modem aku

  32. ridho rich said,

    22 Juni 2012 at 7:49 pm

    http://jsstripler2012.16mb.com/

    bisnis online dari tahun 1997 sampai saat ini membayar semua member
    cari kebenarannya di google

  33. 28 Juni 2012 at 12:14 pm

    thanks mas bro..

    http://blitari.blogspot.com/

  34. Bahri said,

    9 Agustus 2012 at 2:05 am

    mantab juga tuh kiprok n fan mastercolernx. heeee
    tambah lagi trik yg pakek kondom tuh lebih simpel n gak bakalan naik tu panasnx. hehehe. tengkyu agan agan ya

  35. Mifta said,

    20 September 2012 at 12:01 pm

    Kenapa ya kalo saya pake kabel sambungan USB, modem smartfren saya ga mau konek?

    • Zuingli S Bandaso said,

      20 September 2012 at 7:00 pm

      itu karena masalah di kabel aja kayaknya..coba ganti kabel yang lebih bagus n sarannya jangan terlalu kepanjangan….

  36. deni prayoga said,

    12 Oktober 2012 at 12:24 pm

    saya sih iseng-iseng buka kotak obat ada plester penurun demam anak2 yang ada gel nya namanya kool fever (sejenis ama bye-bye fener kalo di tipi) ** sorry nyebut merk.. logika nya produk tersebut bebentuk gel yang dingin dan mungkin bisa meredam panas,,, nah saya cobain deh.. dalam beberapa jam pemakaian saya coba kontrol modem saya dan it weuks..ga panas.. ya ga dingin juga sih cuma anget-anget gitu lumayan lah … nah permasalahannya adalah tu obat penurun panas mahal gan 5000an satunya kalo lupa ngangkat dan kelamaan pake bisa kering dan ga bisa di pake lagi.. kalo saya sih kalo mau di pake berulang ulang jangan sampe gel nya kering terus kalo lagi ga dipake simpen di kulkas … terima kasih selamat mencoba

  37. idebeda said,

    16 November 2012 at 7:07 am

    ada yang lebih simple, gak bikin ribet, bang.. barangnya juga kerren. ini coba cek TKP-nya: http://www.idebeda.com/main/em-bozz-pendingin-modem-3/

  38. 23 Desember 2012 at 11:25 pm

    bang, saya pake heatsink untuk processor.. ada 4 kabel,, kuning, biru, hitam, dan hijau.. yang disambungkan ke usb kabel yang mana aja bg?? tolong balas ya bg :) :) help banget.. ditunggu juga saat ini.. :D

  39. ahmad said,

    26 Februari 2014 at 3:52 pm

    anda mau tau cara mempercepat koneksi smartfren?
    silahkan kirim twitter ke @muhamadyazidbus.
    tinggal anda kirim tulisan:saya mau bonus.janggan lupa mencantumkan akun gmail/yahoo/dll.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

