Remote PC dengan menggunakan Handphone

Anda seorang dosen yang senang menggunakan powerpoint sebagai media presentasi untuk mengajar? mungkin tips ini sangat berguna untuk anda jika anda kehilangan remote LCD anda untuk mengendalikan presentasi anda dengan menggunakan Handphone yang anda miliki.

Mungkin anda seorang yang suka ngerjain orang dengan meremote PC seseorang dari jarak jauh dengan menggunakan Hp anda tanpa diketahui mereka?

Berikut ini Tips yang layak anda ketahui sekitar penggunaan Hp sebagai remote untuk mengendalikan PC anda dari jarak jauh sepanjang bluetooth anda dapat menjangkau. Tips ini saya dapatkan dari seorang teman yang juga mendapatkannya dari forum kaskus. Supaya tidak disangka mengambil hak milik seseorang maka saya menaruh sumber tulisan ini dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7782464.

Selamat membaca.

Menjadikan Handphone Sebagai Remote Untuk Komputer Desktop/Laptop via Bluetooth
Untuk dapat menjadikan handphone sebagai remote komputer desktop/laptop harus memenuhi spesifikasi berikut :

Handphone :
• Support Java
• Ada koneksi Bluetooth

Komputer :
• Memakai sistem operasi “Windows”
• Ada koneksi Bluetooth

Jadi, kita tidak harus membeli remote khusus, namun hanya dengan requirement yang sederhana tersebut kita bisa mengendalikan sebuah komputer sebagai pengganti remote. Kita hanya perlu untuk menginstall 2 aplikasi yaitu satu di komputer sebagai server dan yang kedua di handphone sebagai client. Aplikasi tersebut bernama “Mobile Witch Remote Control”. Tenang, Mobile Witch Remote Control tidak berbayar, jadi kita tidak perlu membelinya atau membajaknya hehee.

Aplikasi tersebut dapat diperoleh di :

  • Untuk komputer, dapat diperoleh di situs resminya, http://mobilewitch.com, atau lebih mudahnya langsung download disini untuk link download pada situs tersebut.
  • Untuk handphone, dapat diperoleh di http://getjar.com, atau download disini untuk langsung menuju halaman download. Setelah masuk tinggal klik link download app dan masukkan informasi yang diminta. Aman kok ^_^. File yang diunduh berupa file .jar yang siap diinstal di handphone.

Setelah aplikasi tersebut terinstal, segera jalankan ke-2 aplikasi tersebut (di komputer dan handphone). Jangan lupa untuk mengaktifkan bluetoooth masing-masing. Kemudian pada handphone pilih menu “Search for Servers”. Setelah terjadi koneksi diantara 2 device tersebut, pada layar handphone akan muncul halaman menu, yang isinya adalah fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Fitur tersebut antara lain:

mobilewitch techno

1. Mouse Mode
Fitur mouse mode mejadikan handphone sebagai pengganti mouse. Jadi kita bisa menggeser kursor selayaknya mouse. Juga dapat untuk menggulung layar (scroll) dan klik kanan & kiri. Pada saat mode ini digunakan, pada layar handphone akan muncul gambar yang ada pada sekitar mouse tersebut. Keren kan? Jadi kita bisa melihat lokasi di sekitar kursor tanpa harus melihat layar komputer.

2. Keyboard Mode
Fitur ini merupakan pengganti keyboard. Namun tidak semua tombol pada keyboard yang dapat digunakan. Misalnya saja tombol 2, 4, 6 dan 8 sebagai pengganti arah, tombol 1 = Enter, 3 = Space Bar, 7 = Tab, 9 = Backspace. Fitur ini sangat berguna bila kita melakukan presentasi memakai program presentasi, kita dapat mengganti slide-slide pada dokumen presentasi dengan mudah.

3. Aplikasi Mode
Pada mode ini dapat untuk mengontrol aplikasi-aplikasi tertentu. Misalnya saja aplikasi yang dapat dikendalikan pada aplikasi ini adalah:
– Explorer
– Firefox
– Windows Media Player
– Internet Explorer
– Winamp
– Powerpoint
– VLC Media Player
Jadi, dengan fitur ini kita jadi mudah untuk melakukan kontrol pada program-program tersebut.

4. Utilities
Pada fitur ini terdapat 2 pilihan, yaitu :
– Run Command : Untuk memasukkan perintah
– Send Message : Untuk mengirim pesan ke komputer server yang akan ditampilkan pada layar komputer.

Selamat Mencoba…

 

1 Komentar

  1. Rusli said,

    24 Desember 2012 at 10:53 pm

    thanks….. sekarang sy sudah tao caranya…. :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: